HERBALMOSEHAT.COM
WA : 0895-2345-3136 | AGEN RESMI JAMU HERBAL MOSEHAT

Terkena Virus Chikungunya, Yuk cari tahu Penyebabnya di Direktori SehatQ.com

0

Terkena Virus Chikungunya, Yuk cari tahu Penyebabnya di Direktori SehatQ.com – Gigitan nyamuk wajib diwaspadai, karena perihal ini dapat jadi pemicu terbentuknya penyakit chikungunya. Penyakit ini diisyarati dengan timbul indikasi berbentuk perih pada sendi serta diiringi demam. Chikungunya diakibatkan oleh peradangan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ataupun Aedes Albopictus.

Nyamuk yang bawa virus pemicu penyakit ini sama dengan nyamuk yang menularkan demam berdarah. Tetapi, keduanya merupakan tipe penyakit yang berbeda. Lalu, apa yang terjalin pada badan dikala hadapi penyakit chikungunya?

Pergantian dikala Chikungunya Menyerang

Chikungunya diisyarati dengan indikasi timbul perih pada sendi yang diiringi dengan demam menggapai 38 derajat celsius ataupun lebih. Biasanya, pergantian serta indikasi dari penyakit ini baru hendak timbul sehabis 5 hari gigitan nyamuk terjalin. Tetapi, pada sebagian permasalahan indikasi penyakit chikungunya dapat lekas timbul sehabis nyamuk menularkan virus.

Indikasi dini yang umumnya timbul merupakan demam yang terjalin secara seketika diiringi perih pada sendi. Pada sebagian permasalahan, kelemahan otot serta sendi pula dapat terjalin, apalagi menimbulkan kelumpuhan sedangkan pada penderita chikungunya. Kelumpuhan sedangkan berarti kalau penderita penyakit ini hendak kesusahan buat menggerakkan badan serta hadapi rasa perih yang dapat bertahan sampai berminggu- minggu.

Diagnosa Cikungunya

Dalam mendiagnosis virus chikungunya, dokter akan melakukan pemeriksaan berupa:

Tanya jawab dan pemeriksaan fisik : Dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan serta riwayat kesehatan, jika ada kemungkinan pasien telah bepergian ke lokasi virus chikungunya tersebar. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap gejala yang muncul pada pasien.

Tes serologi: Tes serologi adalah pemeriksaan darah untuk mendeteksi antibodi tertentu di dalam darah. Dalam tes darah ini, kadar antibodi yang dihasilkan sistem imun pasien terhadap virus chikungunya akan diukur.

Tes PCR : Tes PCR dilakukan untuk memastikan hasil dari tes serologi. Sebab, pemeriksaan ini bisa mendeteksi infeksi dengan melacak keberadaan material genetik dari virus chikungunya pada sampel. Rangkaian tes tersebut juga dapat menyingkirkan kemungkinan penyakit lain, seperti demam berdarah dan virus Zika.

Sehabis itu, indikasi penyakit lain pula hendak mulai timbul selaku ciri chikungunya. Penderita penyakit ini bisa jadi hendak hadapi perih otot, menggigil sebab kedinginan, sakit kepala yang tidak tertahankan, ruam ataupun bintik merah di sekujur badan, dan rasa letih yang terasa sangat menyiksa. Penyakit chikungunya pula dapat menimbulkan penderitanya hadapi indikasi mual serta muntah.

Keadaan ini hendaknya lekas ditangani supaya tidak menimbulkan komplikasi. Selaku pertolongan awal, kalian dapat coba membicarakan seputar indikasi penyakit yang timbul pada dokter di aplikasi sehatQ. Sampaikan keluhan yang dirasakan lewat Video/ Voice Call serta Chat. Bila diperlukan, kalian bisa jadi hendak dirujuk buat melaksanakan pengecekan lebih lanjut ke rumah sakit.

Walaupun tidak sering, chikungunya yang tidak ditangani dapat memunculkan komplikasi, salah satunya kendala pada saraf. Lekas jalani pengecekan ke rumah sakit terdekat bila timbul indikasi penyakit chikungunya yang terus menjadi memburuk. Gigitan nyamuk serta penularan virus dapat terjalin pada siapa saja. Tetapi, terdapat 3 aspek yang dapat tingkatkan resiko penyakit chikungunya. Resiko penyakit ini bertambah pada balita baru lahir, orang yang telah lanjut umur alias lanjut usia di atas 65 tahun, dan orang yang mempunyai riwayat penyakit semacam diabet serta hipertensi.

Walaupun begitu, kewaspadaan senantiasa dibutuhkan sebab nyamuk pemicu penyakit dapat terletak di mana saja serta melanda kapan saja. Senantiasa melindungi kesehatan badan serta mempraktikkan style hidup sehat dapat jadi metode terbaik buat menjauhi resiko penyakit chikungunya.

Memenuhi pula konsumsi cairan badan dengan komsumsi paling tidak 8 gelas air putih satu hari ataupun setara 2 liter air. Perihal ini sangat berarti buat menjauhi kehilangan cairan tubuh alias kekurangan cairan dalam badan yang dapat memperburuk sakit yang dirasakan. Buat meredakan demam, coba kompres kening dengan kain lembap serta ubah pakaian setelahnya supaya tidak menggigil.

Nah itulah, artikel dengan judul “Terkena Virus Chikungunya, Yuk cari tahu Penyebabnya di Direktori SehatQ.com”  yang bisa disampaikan semoga bisa bermanfaat adanya. Untuk info penyakit lainnya bisa cek pada direktori aplikasi SehatQ, disana lengkap banget loh disertai dengan gejala-gejala serta diberitahukan cara pertolongan pertama sampai pengobatan utamanya. Semoga informasi ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi pembaca.